Ini Elektabilitas Ketua Umum Parpol dan Capres 2024 Versi ASI

  • Share

Dalam survei terbaru Agustus-September 2021, elektabilitas ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersaing ketat.

Survei dilakukan oleh Arus Survei Indonesia (ASI) pada 26 Agustus-3 September 2021 dengan jumlah 1200 responden. Survei menggunakan metode Multistage Random Sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar /- 2.9 persen.

Elektabilitas Ketua Umum Partai Politik

NamaParpolElektabilitas
Prabowo SubiantoKetum Gerindra10,2%
AHYKetum Demokrat8,6%
Megawati SoekarnoputriKetum PDI P6,3%
Zulkifli HasanKetum PAN4,7%
Airlangga HartantoKetum Golkar2,4%
Muhaimin IskandarKetum PKB1,6%
Ahmad SaikhuKetum PKS1,5%
Surya PalohKetum NasDem1,2%
Hary TanoesoedibjoKetum Perindo1,1%
Soeharso MonoarfaKetum PPP0,9%
Anis MattaKetum Gelora0,7%
Giring GaneshaKetum PSI0,3%
Yusril Ihza MahendraKetum PBB0,1%
Survei ASI

Ada satu yang aneh adalah, posisi Airlangga Hartanto sampai September 2021 ternyata belum menunjukan posisi siginifikan. Padahal, ketua umum Golkar itu sejak awal Juli sudah gencar memasang baliho hampir di setiap daerah.

Dalam artikel berjudul Baliho Bertitik Tapi Elektabilitas Hancur Sebelanga, temangopi.com mengutip salah satu pernyataan Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily yang mengatakan, elektabilitas ketua umumnya akan meningkat, jika survei dilakukan setelah ekonomi membaik dan PPKM dilonggarkan.

Disisi lain, meskipun ketua umum parpol memiliki elektabilitas bagus, namun tidak tegak lurus dengan elektabilitas partai terutama yang memiliki wakil di DPR RI. Hal itu bisa dilihat dari tabel dibawah ini:

Elektabilitas Partai Politik

ParpolElektabilitasKetua Umum
PDI Perjuangan18,4%Megawati Soekarnoputri
Partai Gerindra11,1%Prabowo Subianto
Partai Golkar10,5%Airlangga Hartanto
Partai NasDem8,5%Surya Paloh
Partai Demokrat8,2%AHY
PKB7,9%Muhaimin Iskandar
PAN6,1%Zulkifli Hasan
PKS5,9%Ahmad Saikhu
Survei ASI

Direktur Eksekutif ASI Ali Rif’an, Rabu 8 September 2021mengatakan, perolehan ini nyaris mirip dengan Pemilu 2019, ada indikasi belum ada perubahan signifikan pemilih, tiga besar ini cukup kuat.

Pada kelas menengah terjadi dinamika mencolok, terutama peningkatan popularitas Partai Demokrat dan PAN. Keduanya, dianggap miliki perubahan signifikan.

Potensi naiknya elektabilitas PAN ini sudah diprediksi temangopi.com sebelumnya dalam artikel berjudul Tradisi Setengah Hati PAN Memilih Oposisi Atau Koalisi saat Zulkifli Hasan menghadiri pertemuan dengan koalisi Jokowi pada 25 Agustus 2021.

Hasil Survei Capres Versi SPIN

Lembaga Survei SPIN juga melakukan rilis hasil surveinya pada 8 September 2021. Sama seperti hasil survei lembaga lain, Prabowo menempati urutan pertama dengan 21,9 persen, meskipun sempat ‘tergelincir’ dalam satu survei yang bisa dibaca dalam artikel berjudul Survei Capres CISA, Posisi Prabowo ‘Terjun Bebas’.

“Elektabilitas Pak Prabowo paling tinggi, popularitas dan akseptabilitas juga paling tinggi karena dia masih ada di hati masyarakat. Publik kembali memberi kesempatan kepada Pak Prabowo untuk maju lagi,” ujar Direktur Eksekutif SPIN Igor.

Elektabilitas Capres 2024

NamaJabatanElektabilitas
Prabowo SubiantoKetum Gerindra21,9%
Anies BaswendanGubernur Jakarta16,1%
Ganjar PranowoGubernur Jateng15,6%
AHYKetum Demokrat8,7%
Ridwan KamilGubernur Jabar5%
Sandiaga UnoMenparekraf4,9%
Survei SPIN

Spin melakukan survei ini pada 7-21 Agustus 2021. Survei melibatkan 1.670 responden yang ditentukan lewat metode multistage random sampling. Tingkat toleransi kesalahan survei ini kurang-lebih 2,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel berjudul “Ini Elektabilitas Ketua Umum Parpol dan Capres 2024 Versi ASI” yang tayang di temangopi.com versi PDF nya bisa diunduh sekaligus sumbernya pada link tautan dibawah ini:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *