Skenario Dinasti Politik di Kabupaten Probolinggo

  • Share

Baliho “Probolinggo Tetap Satu Hati” dengan foto anggota DPR RI Hasan Aminuddin dan Putranya Zulmi Noor Hasani, menjadi alarm Dinas Politik di Kabupaten Probolinggo masih terus berlanjut.

Dari jepretan wartawan Tempoco, David Priyasidharta, Mas Zulmi mengenakan baju putih. Sementara sang ayah menggunakan jas dengan logo DPR RI didada sebelah kiri.

Bagi orang awam politik, baliho itu tak memiliki makna apa-apa. Tapi sebagian besar masyarakat di sana, sudah bisa langsung menerka.

Kehadiran Zulmi, putera Hasan Aminuddin dari isteri pertamanya Dian Prayuni, menjadi bagian dari skenario yang sedang dipersiapkan agar tahta kekuasaan yang saat ini dipegang isterinya Bupati Puput Tantriana Sari bisa diteruskan oleh puteranya.

Namun, skenario dinasti politik kali ini berpotensi gagal. Menyusul orang tua Zulmi Noor Hasani, Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin ditetapkan jadi tersangka oleh KPK dalam dugaan suap jual beli jabatan kepala desa di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Baca juga : Baliho Bertitik-Titik Elektabilitas Hancur Sebelanga

Cara Hasan Aminuddin Langgengkan Kekuasaan

Hasan Aminuddin paham betul bagaimana cara memertahankan kekuasan di Kabupaten Probolinggo menjelang Pilkada 2024. Setelah sukses mengantarkan isteri keduanya Puput Tantriana Sari jadi Bupati pada 2013-2018 dan 2018-2023, ia ingin kesuksesan serupa diraih Zulmi Noor Hasan.

Dari berita yang dilansir Tempo.co, santernya Hasan Aminuddin menyiapkan Zulmi Noor Hasani maju dalam Pilkada bukan sekedar isapan jempol semata.

Zulmi melakukan kunjungan silaturahmi dan pemberian bingkisan masing-masing kepada 10 ibu hamil di dua desa, yakni Desa Warujinggo dan Desa Clarak, Kecamatan Leces.

Kegiatan tersebut diketahui dari surat pemberitahuan Camat Leces kepada Kepala Desa Warujinggo dan Clarak. Dalam surat itu, Zulmi Noor akan melakukan kegiatan kunjungan pada Jumat, 27 Agustus 2021, atau tiga hari sebelum orang tuanya kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

Bahkan, masih dalam sepucuk surat yang sama, Camat Leces Moh. Syariffudin meminta kepada kepala desa mengundang dan menghadirkan ibu hamil, menyiapkan meja kursi, serta menyiapkan konsumsi secukupnya.

Baca juga : Bupati Puput dan Hasan Diduga Cari Dari Jual Beli Jabatan

Sementara itu, dari jejak digital yang ditelusuri temangopi.com, pada 28 November 2020 Zulmi juga hadir dalam acara yang digelar Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Probolinggo.

Bahkan, Ketua DPW Gerakan Pemuda Kabah (GPK) Provinsi Jawa Timur, Muhammad Khozin mengatakan, sengaja mengundang Zulmi dengan harapan bisa menginspirasi kader. Dirinya juga tak segan mengajak Zulmi Noor Hasan bersedia masuk kepengurusan GPK.

“Kita undang Zulmi sebagai tokoh muda sukses di Kabupaten Probolinggo dengan harapan bisa menginspirasi para kader GPK,” ujar Amin.

Kemudian, pada 22 Mei 2021, Zulmi Noor Hasan juga hadir dalam acara Halal Bihalal Partai NasDem Kabupaten Probolinggo. Bahkan, pada kesempatan itu, acara halalbihalal tersebut sangat penting dilakukan. Apalagi, mendekati tahun politik pada 2024.

Zulmi juga mengajak pada Kader dan simpatisan partai Nasdem, untuk merapatkan barisan, agar partai Nasdem bisa meraih apa yang di harapkan.

Gurita Dinasti Politik di Jawa Timur

Sementara itu, menganalisis data hasil riset yang dilakukan oleh Nagara Institute 2020, selain dinasti politik di Kabupaten Probolinggo yang aktornya adalah Hasan Aminuddin dan Puput Tantriana Sari, di Provinsi Jawa Timur juga banyak kepala daerah yang memiliki hubungan kekerabatan seperti dalam tabel dibawah ini:

NamaHubungan KekerabatanJabatan
Ipuk FiestiandaniIsteri Bupati Banyuwangi Azwar AnasBupati Banyuwangi 2021-2024
Hanindhito HimawanPutra Sekretaris Kabinet Pramono Anung / mantan Sekjen DPP PDIPBupati Kediri 2021-2024
Indrata Nur Bayu AjiKeponakan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang YudhoyonoBupati Pacitan 2021-2024
Ipong MuchlissoniSuami Sri Wahyuni, anggota DPR RI 2019-2024 dari Partai NasdemBupati Ponorogo
Achmad FauziKeponakan Said Abdullah, anggota DPR Fraksi PDIP (2004-2009) dan-(2009-2014)Bupati Sumenep 2021-2024
Aditya Halindra
Faridzki
Anak mantan Bupati Tuban Haenywati Relawati RW / Anggota DPR Fraksi Golkar (2019-2024)Bupati Tuban 2021-2024
Puput Tantriana Sari Isteri dari Mantan Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin / Anggota DPR Fraksi NasDem 2021-2024Bupati Probolinggo (2018-2023)
Sumber : Analisis Riset Nagara Institute 2020

Kini, semuanya masih menunggu waktu, apakah dinasti politik yang sudah 18 tahun lamanya masih akan berlanjut ke Zulmi Noor Hasani, putera dari Hasan Aminuddin dan Puput Triana Sari?

Artikel berjudul “Pemerintah Cari Celah Pilkada Murah” yang tayang di temangopi.com versi PDF nya bisa diunduh sekaligus sumbernya pada link tautan dibawah ini:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *