Siaga Pemilu 2024, PPP Rindukan Abraham Lunggana

  • Share
Foto : Twitter Haji Lulung

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bersigap menghadapi Pemilu 2024 dengan memanggil kembali Haji Lulung menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP DKI Jakarta.

Abraham Lunggana atau akrab disebut Haji Lulung resmi kembali ke PPP. Pada akhir tahun 2018, politisi kelahiran 24 Juli 1959 ini sempat keluar dan ‘berlabuh’ ke Partai Amanat Nasional (PAN) sampai menjadi Anggota DPR RI periode 2019-2024.

Haji lulung pindah dari partai yang berdiri pada 5 Januari 1973 itu, setelah dipecat dari jabatannya sebagai ketua DPW PPP DKI Jakarta. Dirinya dianggap tidak patuh dengan kebijakan partai yang pada Pilkada 2017 mendukung calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Saya enggak mau, marah, bahkan saya mendukung deklarasi Anies-Sandi. Saya kemudian dipecat. Ketika setelah saya dipecat, pada 2019, kan banyak partai yang minta saya bergabung,” ujar Lulung.

Menjelang Pemilu 2024, partai yang sudah berganti 7 ketua umum dari Mohammad Syafa’at Mintaredja sampai Suharso Monoarfa ini, nampak sudah melupakan luka lama itu.

Baca juga : Ketua Umum Partai Menua Di Penjara Karena Korupsi

Menurut pengakuan Lulung, dirinya kembali ke partai berlambang kabah atas permintaan para ulama. Mereka melihat perolehan kursi di DPRD DKI Jakarta menurun drastis ketika dirinya pergi.

“Para ulama mungkin mengevaluasi bahwa pada waktu kepemimpinan saya, PPP kan masih 10 kursi 2014-2019. Ulama lihat, Pileg 2019 itu PPP dari 10 kursi jadi 1 kursi. Evaluasi dua tahun itu, saya dipanggil lah akhirnya oleh ulama, untuk mengurus kembali PPP,” kata Lulung 8 September 2021.

Haji Lulung Sang Fenomenal

Jika merujuk jejak digital, mantan wakil ketua DPRD DKI Jakarta (2014-2018) ini pernah trending topik di linimasa twitter dengan tagar #SaveHajiLulung. Tagar itu muncul setelah berlangsung rapat mediasi APBD DKI Jakarta 2015 di kantor Kemendagri.

Rapat tersebut berakhir ricuh. Sejumlah anggota dewan, termasuk Lulung, melontarkan kata-kata makian terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Makian tersebut merupakan reaksi ketika Ahok bertanya perihal anggaran UPS di sejumlah SKPD yang ikut dalam rapat tersebut.

“Perjalanan yang hampir mengalami pengalaman duka. Ada kasus UPS yang hampir saja menjerat saya. Semua orang nggak percaya kalau saya tidak terlibat. Saya bilang tunggu waktunya karena waktu yang akan menjawab. Itu yang pertama,” katanya 21 September 2018.

Lulung mengatakan, karena kasus UPS, dirinya mendapat banyak kritik dari masyarakat. Bahkan, menjadi bahan meme di media sosial.

“Jadi saya adalah korban meme, korban hoax, korban meme pertama di Republik Indonesia ini. Tapi sekarang alhamdulillah, saya melihat orang sudah terbiasa,” jelasnya.

Lulung juga pernah pernah berseteru dengan Ahok dan mendukung FPI ketika menentang mantan Bupati Belitung itu menggantikan Jokowi sebagai Gubernur Jakarta.

Kemudian, pada 25 Agustus 2014, Lulung menjadi fenomenal karena memarkirkan mobil mewah Lamborghini di lobi gedung DPRD saat pelantikan 106 anggota dewan.

Riwayat Karir Politik Haji Lulung

a. Asal usul nama Lulung

Menurut penuturan politisi asal Betawi ini, nama Lulung bermula saat dirinya masih kecil hobi bermain sepak bola. Setiap bola tersebut masuk got, ia harus mengambil bola tersebut.

Lulung sendiri mengakui bahwa namanya sempat membuat orang bingung. Kata dia, “Banyak yang bilang, mana ada orang Betawi namanya Abraham?”.

Nama “Abraham” merujuk kepada kisah ayahnya dulu saat dirinya masih dalam kandungan. Ayah Lulung merupakan seorang tentara yang dikirim ke Papua selama 7 bulan.  

Saat itu, ibu Lulung berpikir suaminya tewas di medan perang menyusul informasi yang mengabarinya. bahwa sang suami terkena tembak. Tak disangka, ayah Lulung pulang ke rumah, dan ternyata dia ditolong oleh seseorang bernama Abraham yang merawatnya sampai pulih.

“Makanya hari ini saya katakan pentingnya memelihara kerukunan umat beragama itu adalah cermin kebangsaan yang menghargai perbedaan dan kebinekaan. Karena Bapak saya ditolong sama seorang kristen, non-muslim, dibawa ke rumahnya tiga bulan,” kata dia.

Selain itu, ayahnya mengidolakan Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat. Itu sebabnya Lulung memiliki nama Abraham sebagai nama depannya.

b. Riwayat politik Haji Lulung

Setelah mengajukan surat pemberhentian kepada Ketua Umum PAN Zulhas (Zulkifli Hasan) pada awal September 2021, Haji Lulung mengumumkan sendiri saat kembali ke PPP.

Lulung memang dibesarkan di partai berlambang Kabah. Setelah Pemilu 2004, sudah menjadi Ketua DPC PPP Jakarta Pusat.Karir politiknya semakin naik setelah terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta 2 periode berturut-turut pada 2009-2014 dan 2014-2019.

Kini, setelah dua tahun berada di PAN, Haji Lulung kembali didaulat menjadi Ketua DPW PPP DKI Jakarta untuk kedua kalinya.  

Artikel berjudul “Siaga Pemilu 2024 PPP Rindukan Abraham Lunggana” yang tayang di temangopi.com versi PDF nya bisa diunduh sekaligus sumbernya pada link tautan dibawah ini:  

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *