Kategori
Branding

3 Alasan Mengapa Personal Branding Penting

Di zaman teknologi informasi, apalagi saat pandemi, personal branding melalui media sosial dan website menjadi teramat penting. Dengan adanya larangan berkerumun, maka website dan media sosial menjadi saluran paling efektif agar Anda tetap bisa terhubung dengan konstituen maupun pelanggan.

Personal branding bukan hanya upaya pencitraan yang seolah-olah baik. Bukan pula sekedar diekspresikan melalui desain konten di media sosial. Tidak juga, hanya sebagai alat memanifulasi dan berkekuatan semu (shadow power)

Personal branding adalah usaha dalam hidup Anda berupa nilai-nilai yang ingin Anda bangun dengan mengambil keuntungan dari membangun jati diri dan peran Anda. Jangan lupa bahwa merek adalah bagian penting dari karier Anda. Apakah itu sebagai politisi, pengusaha, pejabat publik maupun pemimpin organisasi dan komunitas.

3 Alasan Mengapa Personal Branding Penting

1. Menunjukkan Reputasi Baik

Merek pribadi menyampaikan pesan “siapa” dan “apa” diri Anda. Menciptakan merek pribadi membuat Anda merasa santai saat bekerja karena membangun skema yang jujur sehingga terbangun kepercayaan.

Kebanyakan orang lebih yakin ketika mereka tahu apa yang bisa Anda lakukan. Ketika mereka menyadari kemampuan Anda, mereka akan merasa santai membiarkan Anda menangani apa yang mereka butuhkan. Membagikan kartu nama tidak akan menjadi masalah jika orang mempercayai Anda. Tapi membangun merk Anda sendiri itu sangatlah penting.

2. Membangun Kontak

Dengan personal branding, Anda dapat memulai koneksi di berbagai bidang dan minat. Tidak ada batasan untuk pencitraan merek pribadi. Bangunlah kredibilitas Anda melalui website, baik dalam bentuk video, galeri kegiatan maupun pendapat dan sikap Anda terhadap suatu masalah.

Pekerjaan satu atau dua orang admin yang mengurusi website Anda. Mereka bisa digaji bulanan karena akan bekerja dan mendampingi selama karir Anda. Buatlah list siapa yang sudah menghubungi, alamatnya dimana, masalah yang disampaikan apa, dan cari solusi dan akan Anda tawarkan sesuai dengan kapasitas Anda.

3. Mengembangkan Kepercayaan

Personal branding membantu Anda membangun citra sebagai ahli di bidang tertentu. Seorang politisi belum tentu terbangun kepercayaannya ketika ia sendiri memberikan citra yang buruk. Bahkan, mereka banyak kehilangan arah dan langkah untuk membangun komunikasi dengan konstituennya.

Dengan personal branding, Anda tengah membangun kesan seumur hidup dan penghargaan diri atas keunikan Anda. Anda akan segera menyadari bahwa pengakuan, penghargaan tinggi, dan kepercayaan sejalan dengan nama Anda.

Branding membuat Anda akan mencapai banyak hal dalam hidup tanpa banyak kesulitan. Anda dapat lebih fokus pada pekerjaan Anda sambil menekankan kualitas. Pada saat yang sama, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kompetensi yang Anda sendiri merasa puas.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *